Lengkap! Tata Cara E-cleaning Mesin Kangen Water

E-Cleaning merupakan rangkaian dan cara untuk merawat mesin agar tetap memiliki kondisi yang prima, pentingnya melakukan e-cleaning sudah menjadi hal yang harus diprioritaskan pada mesin dengan fungsi untuk menghasilkan suatu produk seperti, pada mesin kangen water. Kangen water merupakan mesin untuk mengolah dan memproduksi air minum isi ulang, dan menjaga kualitas air agar tetap berkualitas.

Pada dasarnya, e-cleaning mesin kangen water dilakukan untuk membersihkan dan membuang plat-plat yang ada pada mesin, dengan menggunakan cairan asam. Ada beberapa rangkaian yang harus dilakukan pada saat melakukan pembersihan mesin kangen water dengan metode e-cleaning, mengetahui serangkaian ini penting untuk menghindari ketidakmaksimalan dalam proses pembersihan mesin.

Tata Cara E-cleaning,Harga Mesin Kangen Water Bekas, Cara Kerja Alat Air Kangen Water, Mesin Kangen Water, Harga Mesin Kangen Water, Distributor Kangen Water, Agen Mesin Kangen Water,
Tata Cara E-cleaning,Harga Mesin Kangen Water Bekas, Cara Kerja Alat Air Kangen Water, Mesin Kangen Water, Harga Mesin Kangen Water, Distributor Kangen Water, Agen Mesin Kangen Water,

Kegunaan E-cleaning Mesin kangen Water

Perlu diketahui bahwasannya mesin kangen water memiliki beberapa tipe di antaranya, tipe K8, SD501, SD501 Platinum, Super501, LeveLuk-R, dan tipe Jrll. Ada beberapa tipe yang bisa dilakukan dengan proses e-cleaning yang sama, namun ada juga yang berbeda.

Sebelum berlanjut pada cara e-cleaning pada mesin Kangen Water, ketahui terlebih dahulu apa yang digunakan untuk membersihkan mesin dengan metode e-cleaning. E-cleaning dilakukan dengan menggunakan serbuk yang dinamakan dengan Cleaning Powder, serbuk ini memiliki kandungan Citrit Acid (Asam Sitrat) yang terbuat dari ekstrak Buah Apel. Cleaning Powder dapat secara ampuh membersihkan deposit (kalsium) dan titanium yang menempel pada pelat elektroda mesin, dan merontokkan penumpukan deposit pada mesin.

Meskipun pada dasarnya deposit atau zat berwarna putih dan titanium yang menempel pada bagian mesin aman dikonsumsi, namun deposit ini akan mempengaruhi proses elektrolisis atau ionisasi air menjadi terganggu, sehingga kualitas PH dan ORP Kangen Water mengalami penurunan dan diproduksi dengan kurang maksimal.

Cleaning Powder dengan level Food Grade sangat aman jika tidak sengaja terkonsumsi atau tertelan, sehingga sangat aman untuk digunakan dalam membersihkan mesin Kangen Water dengan metode e-cleaning. 

Baca Juga : Yuk Pahami Terlebih Dahulu Kegunaan Mesin Kangen Water Energic Sebelum Membeli Apa Itu Air Kangen ? 

Cara E-cleaing Mesin Kangen Water

Kemudian, berikut adalah cara-cara dan langkah untuk melakukan e-cleaning mesin Kangen Water.
  1. Proses pembersihan menggunakan metode e-cleaning bisa dilakukan pada setiap dua minggu atau satu minggu sekali, dengan melihat apakah terdapat sesuatu yang putih-putih pada air sehingga mengganggu kejernihan air minum.
  2. Persiapkan alat-alat untuk melakukan proses e-cleaning yakni, gelas, tanki untuk e cleaner, dan cleaning powder dari Enagic Kangen Water.
  3. Lakukan proses e-cleaning dengan keadaan mesin Kangen Water mati, yakni dengan mencabut stop kontaknya terlebih dahulu.
  4. Lepaskan inner filter pada mesin Kangen Water dengan berhati-hati, dan gantikan dengan tanki untuk e-cleaning. Sebelum memasangakan tanki pada mesin, masukan terlebih dahulu cleaner powder pada tangki yang disesuaikan dengan banyaknya produksi air mineral.
  5. Pasangkan tanki e-cleaning pada mesin, dan kunci dengan ring mesin agar posisinya tidak bergeser.
  6. Masukan pipa mesin ke dalam gelas, kemudian alirkan air dari proses e-cleaning pada gelas berukuran 225 cc tersebut, lakukan pengaliran air tersebut selama kurang lebih 10 detik. Pastikan tidak terlalu berlama-lama agar powder yang ada pada mesin Kangen Water tidak ikut terbuang.
  7. Gunakan air dalam gelas untuk melakukan proses selanjutnya yakni, proses pencelupan. Proses ini dilakukan dengan mencelupkan pipa atas dan pipa bawah ke dalam gelas, hal ini agar tidak ada udara yang masuk pada mesin yang berisikan cleaner powder.
  8. Lakukan proses e-cleaning dengan durasi 5 sampai 10 jam untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan e-cleaning pada malam hari.
  9. Kemudian berlanjut pada proses pembilasan, yakni dengan mengeluarkan pipa atas dan pipa bawah dari gelas, serta membuang air pada gelas.
  10. Buang air pada mesin yang sudah dibersihkan dengan menggunakan cleaner powder sampai tidak ada lagi putih-putih pada air yang diproduksi oleh mesin dalam kondisi mati.
  11. Setelah air dirasa sudah jernih dan siap diminum, lepas tanki cleaning powder dan pasangkan kembali inner filter pada mesin.
  12. Setelah inner filter terpasang, masih dalam keadaan mesin mati, buang nyalakan kembali pembuangan air dari mesin dan lakukan pengecekan pada kualitas air. Jika masih terdapat putih-putih pada air, lakukan kembali proses pembilasan sampai air dirasa sudah bersih dan jernih.
  13. Nyalakan kembali mesin dengan memasang stop kontak, lalu nyalakan power mesin
  14. Setelah itu, lakukan notice cleaning secara manual pada mesin yakni dengan menyalakan mode strong acid untuk membuang air sampai air sudah siap untuk diproduksi dan dikonsumsi kembali.
Tata Cara E-cleaning,Harga Mesin Kangen Water Bekas, Cara Kerja Alat Air Kangen Water, Mesin Kangen Water, Harga Mesin Kangen Water, Distributor Kangen Water, Agen Mesin Kangen Water,
Tata Cara E-cleaning,Harga Mesin Kangen Water Bekas, Cara Kerja Alat Air Kangen Water, Mesin Kangen Water, Harga Mesin Kangen Water, Distributor Kangen Water, Agen Mesin Kangen Water,

Cara E-cleaning Mesin kangen Water pada Tipe K8

  1. Proses pembersihan dilakukan pada setiap 2 minggu atau satu bulan sekali, atau disesuaikan dengan air yang digunakan.
  2. Siapkan alat-alat yang akan digunakan pada proses e-cleaning yakni, gelas, tanki putih kecil, tanking berwarna hijau, karet sumbat merah dan cleaner powder.
  3. Pastikan keran air telah dimatikan, kemudian tekan tombol e-cleaning pada layer mesin, dan tunggu proses e-cleaning selama 3 jam.
  4. Kemudian langkah-langkah e-cleaning akan muncul di layer mesin, ikuti Langkah-langkah tersebut dengan teliti.
  5. Masukan cleaner powder pada tanking berwarna hijau, dan campur dengan air sebanyak 400 mililiter. Kocok-kocok air dalam botol sampai cleaner powder larut dalam air.
  6. Selanjutnya buka panel penutup tangki dan ganti tangki dengan tangki berwarna hijau.
  7. Lepaskan inner filter dari mesin dan ganti dengan cleaning cartridge.
  8. Pasangkan karet sumbat merah ke pipa pembuangan air, kemudian tekan tombol start untuk memulai proses pembersihan pada mesin. Pastikan untuk tidak menyentuh bagian-bagian mesin ketika proses pembersihan sedang berlangsung.
  9. Lepaskan karet penyumbat pada pipa, dan juga pasangkan kembali inner filter pada mesin dengan mengeluarkan cleaning cartridge terlebih dahulu. Setelah itu, lepaskan tangka pembersih berwarna hijau dan pasang kembali tanki air garam pada mesin, dan pasang kembali panel penutup mesin.
  10. Hidupkan keran dan alirkan air pada pembuangan untuk membilas dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang masih tersisa di dalam mesin.
  11. Setelah waktu pembersihan sudah selesai, dan tampilan pada layar mesin kembali ke semula secara otomatis, maka mesin Kangen Water K8 sudah siap untuk produksi air untuk dikonsumsi.

Pentingnya E-cleaning Mesin kangen Water

Proses e cleaning ini sangat penting untuk dilakukan agar setiap orang dapat meminum air minum dengan kualitas yang sangat baik, mulai dari PH, kejernihan air dan rasa terhadap air yang dikonsumsi. Semakin bagus air minum untuk dikonsumsi, maka akan semakin sehat pola hidup yang dijalankan.

Itulah cara-cara atau langkah-langkah untuk melakukan e-cleaning mesin Kangen Water dari deposit (kalsium) dan titanium yang menempel pada mesin, sehingga mesin mendapati flek putih dan pada akhirnya mesin menjadi berkarat. Setiap proses e cleaning dilakukan dengan bergantung pada berapa banyak air yang diproduksi, dan seberapa sering mesin digunakan.

Berminat memiliki salah satu dari mesin ini, untuk menjaga kualitas air di rumah agar lebih sehat dan berkualitas digunakan keluarga yang kita sayangi.

LihatTutupKomentar